PENGARUH TERPAAN BERITA SANGKETA PILPRES 2019 DI TRIBUNNEWS.COM DAN HASTAG #RAKYATTOLAKHASILPILPRES DI TWITTER TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAAN MASYARAKAT KEPADA LEMBAGA KPU

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 302
ISBN/ISSN
Author(s) Afif, Hana Shofia
Subject(s) Komunikasi
Classification 302
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2019
Publishing Place Semarang
Collation -
Abstract/Notes Tribunnews.com sebagai media massa online menjalankan peranannya sesuai dengan amanah Undang – Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers yaitu sebagai control social kepada pemerintah maupun lembaga pemerintah. Salah satu bentuk control social tersebut adalah pemberitaan yang berkaitan dengan sengketa Pilpres 2019 yang terjadi di mahkamah konstitusi. Sejalan dengan pemberitaan di Tribunnews.com masyarakat mengungkapkan kekecewaan dan ketidakpercayaan mereka terhadap KPU dan hasil Pilpres di Twitter dengan hastag #RakyatTolakHasilPipres. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan berita sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan terpaan informasi hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter terhadap tingkat kepercayaaan masyarakat kepada lembaga KPU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitaif eksplanatif, dengan teori yang menjadi dasar penelitain adalah Teori Efek Kognitif Media Massa dan Expectancy Value Theory. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 khalayak yang menerima terpaan berita sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan informasi Hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter yang ada di Universitas Diponegoro Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terpaan Berita Sangketa Pilpres 2019 di Tribunnews.com dan Terpaan informasi Hastag #RakyatTolakHasilPilpres di Twitter tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaaan Masyarakat Kepada Lembaga KPU. Hasil ini sejalan dengan Teori Reinforcement yang dicetuskan oleh Klapper yang menegaskan bahwa komunikasi massa bukanlah penyebab yang cukup kuat berdampak pada khalayak. Kata Kunci : Terpaan Berita, Tingkat Kepercayaan, Teori Reinforcement
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous