Aktivitas Komunikasi Pemasaran PT. Suara Merdeka Press Semarang Dalam Penyelenggaraan Event Warga Guyub

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 659.2
ISBN/ISSN -
Author(s) Vika , Resi Dwi Pujiastuti
Subject(s) humas
Classification 659.2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2019
Publishing Place Semarang
Collation -
Abstract/Notes PT. Suara Merdeka Press merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang surat kabar. Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat setiap perusahaan surat kabar gencar melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produknya. Karena itu, divisi marketing communication PT. Suara Merdeka Press Semarang semakin gencar untuk mengadakan special event untuk masyarakat agar surat kabar Suara Merdeka tetap dikenal oleh masyarakat. Salah satu event yang diselenggarakan oleh divisi marketing communication PT. Suara Merdeka Press Semarang yaitu Warga Guyub.
Penelitian dengan judul “ Aktivitas Komunikasi Pemasaran PT. Suara Merdeka Press Semarang dalam Penyelenggaraan Event Warga Guyub” memiliki rumusan masalah bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran PT. Suara Merdeka Press Semarang dalam penyelenggaran event warga guyub. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas divisi marketing communication PT. Suara Merdeka Press Semarang dalam menyelenggarakan suatu event. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatf, dengan subjek penelitian yaitu perwakilan dari staff marketing communication dan corporate communication. Hasil temuan penelitian akan dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Landasan teori yaitu aktivitas PR, keterkaitan PR dengan Marcomm, komunikasi pemasaran, dan special event.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa divisi marketing communication PT. Suara Merdeka Press Semarang dalam penyelenggaran event sudah melaksanakan tahapan – tahapan untuk menyelenggarakan suata event. Mulai dari tahap riset dengan melakukan survei lokasi, tahap deisgn yang dilakukan dengan cara brainstorming pada saat meeting berlangsung, tahap perencanaan yang memperhatikan elemen how dan why, kemudian tahap koordinasi yang dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek diantaranya komunikasi, kepentingan pribadi, komitmen, kepercayaan dan kolaborasi, dan yang terakhir tahap evaluasi yang dilakukan dengan cara melakukan meeting setelah event diselenggarakan.
Kata Kunci: Marketing Communication, Special Event, Suara Merdeka, Warga Guyub
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous