Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus dalam Meningkatan Jumlah Pengunjung Museum Kretek

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 302
ISBN/ISSN
Author(s) Reski , Rosalia
Subject(s) Komunikasi
Classification 302
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2018
Publishing Place Semarang
Collation
Abstract/Notes Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi pada obyek wisata Museum Kretek yaitu adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2017 dan pada tahun 2014 sampai tahun 2017 Museum Kretek belum bisa mencapai target capaian yang sudah ditentukan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupten Kudus Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Museum Kretek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupten Kudus dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung obyek wisata Museum Kretek dan mengevaluasi proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung obyek wisata Museum Kretek di Kabupaten Kudus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus pada strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus terhadap Museum Kretek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan subyek penelitian dan informan serta dokumentasi dari arsip Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan dengan menggunakan teknik analisis data yaitu penjodohan pola, strategi komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus dalam meningkatkan jumlah pengunjung obyek wisata Museum Kretek dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1) Mengkomunikasikan program atau hal baru di berbagai media sebagai bentuk publikasi dan promosi. 2) Menjalin kerjasama dengan publik internal dan eksternal. 3) Memperbanyak program komunikasi untuk menarik pengunjung. 4) Melakukan inovasi dan perbaikan pada sarana dan prasarana Museum Kretek. 5) Memperbaiki SDM untuk pelayanan yang lebih baik.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous