Pengaruh Pengawasan Orang Tua dan Tingkat Konformitas Peer Group Pada Perilaku Anak dalam Memilih Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 302
ISBN/ISSN
Author(s) Cania Kanza
Subject(s) Komunikasi
Classification 302
Series Title
GMD Skripsi
Language
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2017
Publishing Place Semarang
Collation
Abstract/Notes Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan
makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk
dikonsumsi dengan ditentukan oleh pengawasan orang tua dan tingkat
konformitas peer group anak. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan
pengaruh terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan
yang baik untuk dikonsumsi dengan ditentukan oleh pengawasan orang tua adalah
konsep dari penelitian Moniek Buijzen dan Patti M. Valkenburg pada tahun 2003
tentang The Effects of Television Advertising on Materialism, Parent-Child
Conflict, and Unhappiness: A Review of Research. Sedangkan untuk menjelaskan
pengaruh terpaan iklan makanan di televisi terhadap perilaku memilih makanan
yang baik untuk dikonsumsi dengan dikontrol oleh tingkat konformitas peer
group anak adalah konsep dari penelitian Lucia A.Reisch, et.al pada tahun 2012
tentang Experimental Evidence on The Impact of Food Advertising on Children’s
Knowledge about and Preferences for Healthful Food.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan tipe penelitian yang
digunakan adalah eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak
Kelas 4 dan 5 SD Negeri Sampangan 01 Kota Semarang sebanyak 100 responden.
Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji
hipotesis membuktikan adanya pengaruh antara terpaan iklan makanan di televisi
terhadap perilaku memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dengan
ditentukan oleh pengawasan orang tua dan tingkat konformitas peer group dengan
nilai signifikansi 0,000 dan 0,015.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous