Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Mobile Legend dan Pengawasan Orang tua dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Anak Remaja

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 302.2
ISBN/ISSN
Author(s) Andika Wibisono
Subject(s) Komunikasi
Classification 302.2
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2019
Publishing Place Semarang
Collation
Abstract/Notes Perkembangan teknologi berkembang dengan pesat khususnya pada video game online dan memberi dampak bagi para pemainnya khususnya pada anak remaja. Dengan adanya pengawasan orang tua menjadi dasar untuk mengurangi dampak negatif seperti agresif yang di ciptakan dari kekerasan video game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game mobile legend dan pengawasan orang tua dengan perilaku agresif verbal pada anak remaja. Dalam menentukan hipotesis yang akan digunakan, penelitian ini menggunakan teori General Aggression model (GAM) dan parental mediation dengan model Interaction Restrictions. Populasi penelitian adalah anak remaja yang berusia 16-18 tahun di Kota Semarang yang bermain game Mobile Legend.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Kendall’s Tau b, menunjukkan hasil bahwa: nilai signifikansi dan korelasi (H1) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.771 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan. Sedangkan nilai signifikansi dan korelasi (H2) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.782 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif dan kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan.
Kata Kunci: Intensitas bermain game online, Pengawasan Orang Tua, dan Perilaku Agresif Verbal
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous