Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial Youtube dan KomunikasiPeer Group Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Collection Location Library FISIP
Edition
Call Number 302.2
ISBN/ISSN
Author(s) Anggita Primartiwi
Subject(s) Komunikasi
Classification 302.2
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher Fisip Undip
Publishing Year 2019
Publishing Place Semarang
Collation
Abstract/Notes Media sosial atau yang disebut dengan social networking sites (SNS) adalah
salah satu media yang mengalami kenaikan tercepat. Salah satunya adalah media
sosial Youtube yang mengalami peningkatan jumlah pengguna setiap tahunnya.
Kemudahan akses internet terutama media sosial ini tidak selamanya berdampak
positif, yakni hampir 80% remaja berusia 10-19 tahun yang tersebar di 11 provinsi di
Indonesia kecanduan media sosial dan sebagian besar remaja menggunakan media
sosial untuk hal-hal yang tidak semestinya. Penggunaan media sosial yang tinggi di
kalangan remaja ini menjadi hal yang perlu diperhatikan karena banyaknya jumlah
waktu yang dihabiskan remaja untuk menggunakan media sosial dapat berdampak
pada kegiatan sehari-hari remaja seperti waktu belajar mereka sebagai seorang
pelajar. Kurangnya waktu belajar siswa dapat berdampak pada prestasi belajar siswa
yang tidak optimal. Selain faktor alat dan teknologi dari media sosial, faktor
lingkungan sekolah terutama teman sebaya menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pengaruh teman sebaya dapat menentukan
bagaimana seorang individu mengambil sikap atau berperilaku. Komunikasi dengan
teman sebaya dapat memberikan dampak positif maupun negatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas
mengakses media sosial Youtube dan Komunikasi Peer Group terhadap prestasi
belajar siswa. Teori yang digunakan dalam peelitian ini adalah Social Media
Framework Theory untuk mengkaji pengaruh intensitas mengakses media sosial
Youtube terhadap prestasi belajar siswa dan Teori Kelompok Rujukan untuk
mengkaji intensitas komunikasi peer group terhadap prestasi belajar siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan nonprabability sampling yang dilakukan secara
accidental sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 orang dengan kriteria siswa
Sekolah Menengah Atas berusia 15-19 tahun di Yogyakarta dan pengguna media
sosial Youtube. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Linier
Sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif intensitas
mengakses media sosial Youtube terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi
varibabel intensitas mengakses media sosial Youtube terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 4,9%. Sedangkan intensitas komunikasi peer group menunjukan hasil yang
tidak signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Untuk penelitian selanjutnya
diharapkan dapat mengkaji lebih mengenai faktor-faktor lain diluar faktor yang
diteliti yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous